Penyebab Komputer Lemot Dan Cara Mengatasinya

Tentunya para pengguna komputer pasti pernah mengalami\mendengar komputer lemot.Sebenarnya komputer lemot terjadi tergantung cara pemakaian anda .Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kinerja komputer melambat seperti file temp terlalu besar,banyaknya program,spesifikasi rendah,komponen komputer dan virus.


Untuk lebih jelasnya lagi ,Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, silahkan di baca satu persatu dan terapkan di komputer anda.

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot dan Penyebabnya


  • File temp. terlalu besar.

Saat kita sedang mengakses Internet atau browsing melalui komputer, maka komputer dengan otomatis akan menyimpan beberapa data ke folder Temp dan lama-lama folder ini akan terisi banyak sekali data yang biasa disebut data sampah. Saat folder ini sudah sangat besar, bisa saja ini akan memperlambat kinerja komputer anda. Cara yang paling efektif adalah dengan membersihkan folder tersebut dengan menggunakan alpikasi 'Ccleaner'. cara menjalankannya, install ccleaner yang sudah di download, buka aplikasi ccleaner, lalu klik analyze, tunggu sampai proses selesai. Dan untuk membersihkan file temp, klik tombol run cleaner.




•  Terlalu banyak program
Terkadang kita selalu saja tidak memperdulikan aplikasi yang kita instal ,kita tidak peduli apakah aplikasi itu penting atau tidak sehingga  komputer kita banyak sekali program. Sehingga, komputer akan menjalankan banyak program pada saat komputer dihidupkan. Jelas hal ini akan membebani komputer. Cara mengatasinya cukup mudah, dengan cara uninstall aplikasi yang tidak penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya adalah buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak penting.
Anda juga bisa menguninstal program lewat  control panel. pertama Klik Windows, klik Control Panel,pilih Program and features, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.


•  Spesifikasi komputer rendah
saat komputer anda digunakan untuk membuat data presentasi mulus-mulus saja tetapi pada saat bermain game online komputer anda terasa sangat lag dan lambat, itu artinya game online yang anda jalankan membutuhkan spek yang lebih tinggi dari komputer tersebut. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game online tersebut supaya anda bisa membandingkan dengan kemampuan komputer anda.


 Spesifikasi komputer terlalu Tua \kuno
Kasus ini adalah kasus yang umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan dengan lancar. Usahakan komputer anda menggunakan processor dual core dan ram minimal 2GB.


•  Kerusakan komponen komputer
Komputer anda juga bisa melambat kinerjanya jika terdapat kerusakan pada komponen komputernya, contohnya pada hardisk. Hardisk merupakan komponen yang sangat sensitif. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan lambat sekali jika terjadi kerusakan ini. Solusinya adalah dengan membeli hardisk baru untuk mengganti harddisk lama.Kerusakan yang lain adalah kabel sata yang terhubung dengan harddisk sudah jelek dan tidak bisa digunakan lagi.

•Karena virus
Biasakan jika punya komputer atau laptop di instal anti virusnya untuk mencegah dari serangan virus yang sewaktu-waktu dapat memperlambat kinerja komputer anda.
Itulah sedikit penjelasan tentang penyebab dan cara untuk mengatasi laptop atau komputer yang lemot. Pesan dari saya jika anda ingin komputer dapat bertahan lama rawatlah dengan baik komputer anda dan instal lah anti virus agar terhindar dari virus komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux