Komponen Komputer (hardware,sowftware&brainware)

Dalam sebuah pengoperasian komputer terdapat 3 komponen terpenting .Yang pertama yaitu ,hardware(perangkat keras),software(perangkat lunak)dan yang terakhir Brainware(pengguna/manusia).Ketiga komponen ini bekerja sesuai fungsinya masing-masing.Dan juga masing-masing komponen tersebut berkerja saling berkerja sama untuk mengoperasikan komputer.    



Berikut penjelasan tentang masing-masing komponen tersebut.

HARDWARE

Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri dari3 kelompok ,yaitu:perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

SOFTWARE

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimengerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang terdapat pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan. Dengan adanya software ini, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, menonton video, dan lain-lain.Software utama yang harus ada dalam komputer adalah sistem operasi.Tanpa adanya sistem operasi aplikasi lain tidak akan ada.

BRAINWARE
Brainware yaitu pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah manusia yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.

Ketiga komponen diatas, hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika kehilangan satu saja komponen ,komputer tidak bisa dioperasikan .Karena komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain. Sekian dari saya,hanya itu yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat bagi anda.  Baca juga  Perangkat keras dalam jaringan


Comments

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux