Cara Mengatasi Rambut Rontok

Di artikel saya Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang  Penyebab rambut rontok  ,sekarang kita akan melanjutkan tentang cara mengatasinya . Berikut ini saya akan membahas tentang bagaimana mengatasi rambut rontok dan bahan apa saja yang bisa mengatasi rambut rontok.



Berikut ini cara- cara mengatasi rambut rontok:


1.Sarapan

Sarapan tidaklah hanya berfungsi sebagai pengisi tenaga kita saja tetapi sarapan juga berguna untuk kesehatan rambut juga. Saat sarapan lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang bergizi karena selain baik untuk kesehatan tubuh,kesehatan rambut pun membutuhkan gizi dan vitamin. Kekurangan protein dapat menyebabkan perkembangan keratin rambut tarhambat.

2.Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat termasuk juga untuk menghilangkan rambut rontok. Caranya pun sangat mudah tinggal tuang minyak zaitun sekitar satu sendok makan sebelum anda kramasan ,kemudian oleskan minyak tersebut ke rambut anda dari akar sampai ke ujung rambut,selanjutnya tinggal dikramas pake sampo seperti biasa.


3.Pijit Kepala Dengan Teh Hijau


Sebelum kita memulai tahapan ini, sebaiknya kamu menyiapakan seperti:
1. Handuk kecil bersih 1 buah.
2. Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.
3. Teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh
Jika sudah siap semua, hal pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.
Sambil menunggu air menyerap ke kulit kepala, anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat kamu lebih rileks seperti yoga atau mendengarkan musik klasik atau tarik nafas secara pelahan dan berulang. Buat badan dan pikiran kamu merasa tenang. Hal ini bisa mencegah rasa strees pada diri kamu. Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Terakhir bilas rambut kamu hingga bersih sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.



4.Masker Buah-buahan


Masker dari buah-buahan bisa digunakan untuk crembath ,cara buatnya mudah dan bisa dibuat sendiri dirumah dengan menggunakan buah buahan tertentu yaitu:alpukat,pisang ,melon dan semangka. Cara membuatnya yang pertama Blender ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai rata. Setelah itu tinggal oleskan saja  keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.
Kenapa jenis buah tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan rambut rontok?. Itu karena buah tersebut mengandung asam sistrat dan anti oksidan yang baik untuk rambut.Pada buah alpukat dan yougurt berkhasiat untuk pelembab rambut,sedangkan melon dan semangka dapat membuat rambut kinclong sehat.


5.Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur


Caranya cukup sederhana pertama siapkan beberapa potong mangga dan yoghurt satu sendok makan serta 2butir kuning telor. Kemudian diblender sampai halus dan pisahkan serat-serat kasarnya karena yang dibutuhkan serat yang halus saja. Jika sudah oleskan masker mangga,yoghurt dan kuning telur kekepala secara merata sambil dipijat. Lalu diamkan sejenak sekitar10-15 menit kemudian bilas sampai bersih.


6.Lidah Buaya



Tentu saja nama tanaman yang satu ini tidak asing lagi di telinga kita yang katanya bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan. Lidah buaya tidak hanya bisa digunakan untuk rambut saja tapi juga bisa dimakan lho tapi kali ini saya membahas tentang manfaatnya untuk rambut. Cara menggunakan lidah buaya untuk kerontokan yang pertama potong lidah buaya dan ambil bagian dalamnya aja lalu oleskan ke rambut hingga rata lalu diamkan selama sekitar 15 menit kemudian bilas dengan sampo sampai bersih disarankan saat membilas gunakan air yang mengalir.


7.Jus Kentang

Kentag bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Untuk caranya mudah tinggal buat kentang menjadi jus .lalu tinggal buat untuk masker rambut anda. Akan lebih baik lagi jika di tambah dengan madu sama putih telur lalu blender hingga rata. Setalah itu diamkan sekitar 50 menit lalu bilas sampai bersih.


8.Minyak Kemiri

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sebenarnya sudah digunakan sejak jaman dulu untuk mengatasi rambut rontok dan penyubur rambut. Hal ini dikarenakan kemiri mengandung 60%minyak. Minyak tersebut dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut oleh orang-orang jaman dulu sampai sekarang. Saat ini untuk memperoleh minyak dari kemiri tidaklah susah payah karena minyak kemiri sudah banyak dijual di toko-toko herbal terdekat. Cara menggunakannya pun mudah ,tinggal teteskan minyak tersebut ke telapak tangan anda lalu oleskan ke rambut secara merata ,setelah itu tunggu selama 1 jam lalu bilas dengan sampo sampai bersih.


9.Bawang Putih dan Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini sebenarnya dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok .Karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang berfungsi menghilangkan parasit dan kandungan sulfurnya dapat memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut. Cara menggunakannya pun mudah tinggal ambi beberapa siung bawang putih lalu blender biar halus jika perlu tambahkan minyak zaitun beberapa tetes kemudian tinggal di oleskan kerambut dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

Selain bawang putih ada juga bawang merah. Bawang merah juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan bawang putih. Cara menggunakannya pun sama. Tinggal haluskan bawang merah lalu oleskan ke rambut dan diamkan selama 30ment lalu bilas sampai bersih.


10.Santan

Untuk mengatasi kerontokan dengan santan yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan segelas atau sesuai kebutuhan anda lalu oleskan ke rambut hingga rata. Tunggu selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan sampo sampai bersih. Hasilnya pun memuaskan rambut menjadi kinclong dan mudah diatur,disaran kan gunakan minimal 2x dalam seminggu.


11.Jahe

Jahe selalu memberikan kehangatan untuk tubuh kita tapi tidak hanya itu. Jahe juga dapat digunakan untuk kesuburan rambut. Kandungan zingeron yang dimiliki si jahe inilah yang dapat mengatasi rambut rontok. Untuk penggunaannya cukup mudah. Pertama siapkan satu ruas jahe lalu kupas kulitnya dan parut. Parutan dari jahe kemudian di oleskan kebagian rambut yang rontok. Diamkan selama20 menit lalu bersihkan dengan shampo sampai bersih.


12.Jeruk Nipis


Kandungan vitamin C pada jeruk sangat baik untuk rambut, selain mengatasi ketombe. Jeruk nipispun bisa untuk rambut rontok. Untuk menggunakan jeruk nipis yang dilakukan hanya memotong jeruk nipis menjadi2 atau lebih dan potongan tersebut oleskan ke rambut.setelah 15 menit bilaslah dengan air bersih.


13.Minyak Lavender



Minyak aromaterapi yang satu ini memiliki menfaat tidak hanya tubuh tapi juga rambut. Minyak levender dalam digunakan untuk menghilangkan gatal dan ketombe pada kulit kepala. antiseptik yang dimiliki minyak lavender inilah yang berfungsi sebagai desinfektan untuk kulit kepala kita. Untuk penggunaannya adalah dengan meneteskan kira-kira 10 tetes minyak lavender,tambahkan minyak zaitun jika perlu. Lalu oleskan ke kepala hingga rata. Setelah20 menit didiamkan lalu di bilas dengan air bersih.


14.Gaya Hidup Sehat

Sama seperti di blog saya yang Sebelumnya . Sangat percuma jika anda melakukan semua cara merawat rambut agar tak rontok tapi tubuh anda tidak sehat. Hal itu tentu akan berpengaruh besar pada rambut juga. Karena itu lakukan olah raga ringan dan makanlah makanan yang begizi setiap hari terutama sayur-sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. 


Terimakasih sudah mengunjungi My blogger ,mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya .Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux