Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux

 
+++WINDOWS+++

Kelebihan:

1. Sistem interface yang user friendly / Mudah digunakan:
Salah satu alasan yang menyebabkan Windows menjadi sistem operasi yang  digunakan oleh banyak orang di dunia adalah karena sistem dan juga interface yang yang user friendly. Hal tersebut membuat banyak orang mudah mengoperasikan Microsoft Windows.

2. Pilihan aplikasi yang banyak :
Aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Windows sangatlah banyak . Mulai dari aplikasi dasar, seperti pemutar lagu, hingga aplikasi superuser yang dapat membuat sebuah program pun tersedia di dalam platform sistem operasi Microsoft Windows. Kerena hal itulah, dengan banyaknya dukungan aplikasi, baik yang gratis maupun yang  berbayar, maka hal ini membuat Microsoft  memiliki banyak  peminat dan pengguna.

3. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu:
Dengan adanya fitur ini anda tak perlu khawatir jika komputer anda sedang mengalami masalah, karena Microsoft Windows memiliki fitur troubleshooting, yang mana akan memudahkan anda dalam mencari sebuah permasalahan yang muncul ketika anda menjalankna suatu aplikasi. Dengan adanya troubleshooting ini,inti permasalahan yang anda temui saat menjalankan kan komputer akan terdeteksi oleh windows , seperti mencarikan versi driver terbaru secara online, melakukan repair yang mengalami corrupt, melakukan pengecekan pada kompatibilitas suatu aplikasi, dan masih banyak lagi ,masalah tersebut akan di beritahukan kepada anda melalui sebuah pesan berbahasa inggris.

4. Mendukung banyak sistem partisi:
Sistem partisi yang didukung oleh Microsoft Windows juga cenderung banyak, seperti NTFS, exFat, FAT 32 dan masih banyak lagi. Hal ini memungkinan anda untuk menggunakan banyak sistem format partisi yang umum ada di dalam pasaran untuk digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows.

5. Compatible dengan aplikasi office:
Salah satu hal yang membuat Microsoft Windows menjadi banyak digunakan di dunia adalah sistem officenya yang banyak menjadi pilihan. Bahkan mereka yang menggunakan sistem operasi Mac OS pun tetap menginstall aplikasi Office milik Microsoft Windows. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan office yang dimiliki Microsoft Windows sangatlah baik dan juga berguna bagi penggunanya. Hal ini membuat Microsoft Office menjadi aplikasi office yang digemari di perkantoran dan institusi secara luas.

6. mudah dikembangkan dan juga diperbaiki:
Kelebihan lain yang dimiliki Microsoft Windows adalah dukungan dari pengembang atau developer. Hal ini berkaitan dengan pemecahan masalah error ataupun gangguan pada sistem lainnya yang muncul pada Microsoft Windows. Bagi para programmer, Microsoft Windows cukup mudah untuk dipahami hingga ke dalam – dalamnya.

7. Support berbagai jenis hardware jaringan komputer:
Microsoft windows juga mensupport berbagai hardware jaringan komputer sehingga anda dapat menggunakan berbagai jenis jaringan komputer pada komputer anda.

Kekurangan:

1. Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi :
Kekurangan dari windows adalah  harga yang tinggi tetutama pada basic dan home version. Untuk versi tertinggi dari sistem operasi Microsoft Windows ini pun juga dijual dengan harga sekitar jutaan. Lisensi yang harganya dianggap terlalu tinggi ini merupakan salah satu kekurangan dari Microsoft Windows dan menyebabkan banyaknya pembajakan microsoft windows yang banyak dijual dipasaran.

2. Rentan terhadap serangan virus:
Microsoft Windows juga dinilai sangat rentan terhada virus. Hal inilah yang membuat banyak komputer dengan sistem operasi Windows menjadi lebih sering terserang virus . Hal ini juga jadi pemicu perkembangan virus pada sistem operasi Microsoft Windows menjadi meningkat.

3. Keamanan yang mudah dihack:
Kekurangan berikutnya adalah keamanan yang kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya hacker yang sanggup membuat versi bajakan dari sistem operasi Microsoft Windows ini dengan menggunakan crack.

4. Patch sana patch sini:
service pack ini adalah salah satu teknik “tambal sulam” Microsoft yang mengganggu. sebenarnya, jika anda lupa download dan install, bisa di pastikan anda akan mengalami masalah.

5. Mengkonsumsi RAM Cukup Besar:
Ram komputer yang akan digunakan untuk menginstall sistem operasi ini cukup besar, sehingga anda harus menyediakan ram yang memadai

======LINUX======

 Linux OS atau Linux operating system pertama kali dikembangkan oleh seorang bernama Linux Torvarld, Linux bersifat open source sehingga bisa dikembangkan oleh semua orang. Zaman sekarang sudah sangat banyak sekali turunan dari sistem operasi ini.

Kelebihan Linux:
Linux bisa berinteraksi dengan sistem operasi lainnya.
Kebal dari serangan virus
sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan windows
Adanya virtual memori / SWAP, yang membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program yang besar.
Stabilitas, linux lebih stabil dibandingkan dengan windows.
Banyak dukungan dari komunitas

Kekurangan Linux:
Sistem operasi Linux sulit untuk dipelajari.
Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik
Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu.

"Itulah kelebihan dan kekurangan antara dua sistem operasi tersebut"



Comments

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap