Sejarah Komputer ,Dari Generasi Pertama Sampai Kelima

Sejarah komputer

     Saat ini perkembangan komputer samakin , karena mengikuti perkembangan jaman, harus kita tahu, bahwa proses perkembangan komputer itu bertahap.

Komputer sekarang sangat jauh berbeda dari komputer dahulu, bisa berbeda dari bentuk, kinerja, serta komponen komponen yang digunakan. Karena ukuran komputer jaman dulu bisa menghabiskan satu ruangan penuh, untuk menaruh tempat mesin komputer.
Secara luas, pengertian komputer dapat di definisikan sebagai suatu peralatan elektronik, yang terdiri dari beberapa komponen komputer.

Yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan komponen yang lainya. Untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Istilah Komputer itu sendiri berasal dari kata latin “computare”, yang memiliki arti alat hitung. karena pada awal mula pembuatan komputer. Sebagai perangkat bantu dalam mengolah dan perhitungan angka-angka.
Sejarah komputer pada saat ini merupakan hasil evolusi bertahap yang mengalami proses cukup panjang dari zaman dahulu hingga pada sekarang ini.


Penemu Komputer Pertama Kali


Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.

Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.


     1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

    Komputer generasi pertama ini diketahui pada saat perang dunia kedua dimana pada saat itu komputer digunakan oleh negara negara yang terlibat dengan perang dunia kedua. Penggunaan komputer oleh negara negara yang terlibat perang dunia tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kemampuanya dalam mengatur analisa dan rencana strategis dalam perang.
     Dengan adanya komputer maka akan mempercepat proses perhitungan matematika dan analisa yang dapat berguna dalam perang melawan musuh. Oleh sebab itu pada masa tersebut masing masing negara berlomba lomba untuk dapat mengembangkan komputer yang mereka gunakan agar lebih maju dan unggul dari negara lainnya. Dengan demikian peningkatan pendanaan pada perkembangan komputer pada masa itu menjadi sangat besar, hal ini yang mempengaruhi cepatnya perkembangan komputer pada masa tersebut.


Komputer pada generasi pertama ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :

  • Programnya masih dibuat dalam bahasa mesin (machine language) yang tersimpan dalam memori internal komputer tersebut
  • Bahasa programnya menggunakan bahasa 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • Memiliki tabung hampa udara (vakum tube) untuk komponen elektroniknya
  • Ukuran komputernya sangat besar dan memerluakan tempat yang luas dalam penempatanya.
  • Perangkatnya masih banyak meninbulkan panas sehinga diperlukan banyak pendingin untuk menetralkan panas yang dihasilkannya.
  • Proses waktu yang diperlukan untuk melakukan satu perintah masih sangat lambat.
  • Kapasitas penyimpanan masih sangat relatif kecil.

Pada komputer generasi pertama ini diproduksi oleh beberapa perusahaan seperti IBM, UNIVAC, BURROGHS, HONNEYWEL. Pada komputer generasi pertama ini menggunakan mesin mesin seperti Eniac, MarkII, Edsac, MarkIII, Univac I dan UnivacII, Advac dan IBM 650.

Kelebihan Komputer Generasi Pertama:

1.Memotivasi Para Ilmuan Menciptakan Komputer Terbaik .

     Komputer generasi pertama dapat menjadi pemicu bagi para ilmuwan dan juga para insinyur untuk mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi. Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan sejarah komputer, dimana setelah komputer generasi pertama, muncullah komputer generasi kedua, dan seterusnya hingga saat ini. Mungkin saja kita hari ini tidak akan kenal dengan komputer apabila komputer generasi pertama tidak pernah ada.

2.Memicu Perkembangan Pabrik Pembuat Komputer.

     Yang kedua adalah, komputer generasi pertama membuat banyak perusahaan teknologi dan beberapa manufaktur berlomba untuk membuat dan juga mengembangkan komputer mereka. Tercatat ada beberapa perusahaan teknologi yang ikut andil dalam persaingan komputer generasi pertama, seperti IBM, UNIVAC, BURROGHS, dan HONEYWELL. Komputer generasi pertama sendiri juga memiliki banyak jenis dan tipe, sesuai dengan pabrik pembuatnya, seperti:
ENIAC
MARK II
EDSAC
MARK III
UNIVAC 1
UNIVAC II
IBM 650
ADVAC

Kekurangan Komputer Generasi Pertama:
  1. Berukuran Sangat Besar
  2. Memakan Konsumsi Listrik yang Besar
  3. Cepat Panas
  4. Processor yang Lambat
  5. Hanya Bisa Digunakan Untuk Kepentingan Spesifik
  6. Kapasitas Harddisk yang Kecil
  7. Hanya Bisa Dioperasikan Menggunakan Bahasa Mesin
  8. Lebih Banyak Digunakan Untuk Bisnis
  9. Hanya Dimiliki Oleh Kalangan Terbatas.


    2.Komputer Generasi Kedua(1959 - 1964).

     Diawali pada thn1948, penemuan pertama tentang transistor begitu memengaruhi perubahan teknologi computer. Generasi ke-2 untuk komputer saat itu sudah memakai komponen-komponen transistor untuk pusat Processing unit serta inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor dijumpai menjadi tambah baik kerana benda tersebut tak gampang terbakar bila dibanding dengan tiub vakum. Channel data nampak di generasi ini, searah dengan feature spesial untuk tingkatkan kecepatan CPU.

      Langkah baru menaruh ingatan juga dikenalkan yakni teras magnetik. Teras magnetik memakai besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemprosesan serta Daya ingat utama computer juga bertambah. Hal ini tentunya menjadikan sebuah computer lebih layak menggerakkan tugasnya. Computer awal mulanya dipakai system komersial online yang melibatkan komunikasi serta untuk system pembagian waktu, di mana pemakai diberikan kekuatan hitungan yang menarik lewat terminal.


      Transistor atau dimaksud juga solid state devices dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden, William Shockley, & Walter Brattain pada th. 1947. Sejak diketemukannya Transistor, jadi orang mulai menukar fungsi tabung hampa itu dengan transistor. Serta computer generasi ke-2 ini juga adalah sebuah computer yang seutuhnya memakai transistor. Bila di banding dengan tabung hampa jadi perlengkapan transistor ini tambah lebih kecil, hingga computer yang memakai alat ini tambah lebih kecil ukuran fisiknya. Selain ukuran yang makin kecil, tanda-tanda lain dari type computer generasi ke-2 ini yaitu, seperti berikut : 
  • Bertujuan pada usaha serta tehnik. 
  • Sedikit keluarkan panas. 
  • Program bisa di buat dengan bhs tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL. 
  • Sistem operasi telah atau sudah bisa beroperasi dengan cepat, yakni dapat lakukan jutaan operasi per detik. 
  • Memerlukan lebih sedikit daya listrik. 
  • Kemampuan memori utama telah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage 
  • Memakai simpanan luar magnetic tape serta magnetic disk yang berupa removable disk 
  • Memiliki kekuatan sistem real time serta time berbagi Mulai dipakai disk storage (penyimpanan data)

Kelebihan Komputer Generasi Kedua:
  • Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan computer.
  • Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan computer.
  • Penemuan berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan computer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energy disbanding para pendahulunya.
  • Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer.
  • Computer generasi kedua menggantikan bahasa mesin denagan bahasa assembly.
  • Memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan computer pada saat ini: printer, penyimpanan disket, memory, system operasi, dan program.
  • Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan computer generasi kedua untuk memproses informasi keungan.
  • Program yang tersimpan didalam computer dan bahasa pemprograman yang  ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada computer.
  • Beberapa bahasa pemprograman muncul .
  • Berbagai karir baru bermunculan(programmer, analis system, dan ahli system computer). 

Kekurangan Komputer Generasi Kedua:

•   Walaupun transistor banyak dalam hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer.

     3.Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

     Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.
      Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.
       Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.
        Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.


Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga:

  • Penggunaan listrik lebih hemat.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Harganya semakin murah.
  • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  • Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  • Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  • Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain:

UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuat yaitu dari Digital Equipment Corporation) Sejarah komputer, diatas merupakan contoh komputer generasi ketiga.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih simpel dan kecil. Pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Kelebihan Komputer Generasi Ketiga:
  • Kecepatan proses data lebih cepat dari generasi sebelumnya
  • Membutuhkan listrik yang lebih sedikit dari generasi sebelumnya
  • Dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter
  • Telah dapat menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetic disk
  • Dapat menjalankan program secara serentak.

Kekurangan Komputer Generasi ketiga:
  • Ukuran fisiknya masih besar
  • Pemakaian rumit
  • Bagian dalam/sirkuitnya masih berukuran besar
  • Menghasilkan panas yang berlebihan seperti pada komputer generasi sebelumnya.

       4.Komputer Generasi Keempat (1971-2000an)


      Komputer generasi keempat dimulai dengan penemuan Microprocessor. Microprocessor berisi ribuan IC (integrated circuit). Ted Hoff memproduksi microprocessor pertama pada tahun 1971 untuk Intel yang dikenal sebagai Intel 4004.
       Dengan ditemukannya microprocessor, ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan tiga generasi komputer sebelumnya.
       Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pertama untuk pengguna rumah, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh.
       Microprocessor juga pindah dari bidang komputer desktop dan ke dalam berbagai bidang kehidupan karena semakin banyak produk yang mulai menggunakan mikroprosesor.
       Karena komputer-komputer yang berukuran kecil ini menjadi lebih kuat, mereka bisa dihubungkan bersama untuk membentuk sebuah jaringan, yang akhirnya menuntun ke perkembangan Internet. Generasi komputer yang keempat juga menjumpai perkembangan GUI (Graphical User Interface), mouse dan perangkat genggam.
        Contoh komputer generasi keempat adalah Apple Macintosh dan Personal Computer IBM.




Kelebihan Komputer Generasi Keempat:
  • Lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.
  • Berukuran kecil.
  • Kekuatan pemrosesan yang cepat dengan konsumsi daya yang lebih kecil.
  • Memiliki kipas untuk membuang panas sehingga menjaga komputer tetap dingin.
  • Tidak memerlukan pendingin ruangan (AC).
  • Digunakan untuk tujuan umum.
  • Sebagai produksi komersial.
  • Tidak memerlukan perbaikan yang sering.
  • Lebih murah dari generasi-generasi sebelumnya.
  • Semua jenis bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat digunakan pada komputer jenis ini.
Kekurangan Komputer Generasi Keempat:

  • Dibutuhkan teknologi terbaru untuk pembuatan Mikroprosesor.

       5.Komputer Generasi Kelima (masa sekarang)

      Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
      Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
       Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
       Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.          Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
        Kemajuan di generasi lima
Pentium 4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Pentium 4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium.


Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima:

  • Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
  • Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
  • Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..
  • Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana
  • Dikembangkan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction. Teknologi ini mampu memproses trilyunan operasi per detik, sedang ship hanya mampu memproses milyardan operasi per detik
  • Negara pelopor adalah Jepang. Dengan mendirikan ICOT (Institute for New Computer Technology)
  • Menterjemahkan bahasa manusia sehingga manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer
  • Penghematan energi komputer
  • Berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi
  • Dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.

Itulah penjelasan materi kali ini mengenai sejarah komputer dari masa generasi pertama sampai kelima ,dan trimakasih para visitor ,untuk kurangnya bisa cari materi di web lain.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux